Selasa, 15 November 2016

9 FAKTA DI BALIK THE CONJURING 2 ( Versi Serli Arek Malang )

9 Fakta Di Balik Film The Conjuring 2


9 Fakta Di Balik Film The Conjuring 2
(Foto: Ibtimes)

Metrotvnews.com, Jakarta: Demam The Conjuring 2 melanda penggemar film horor di Indonesia. Beragam reaksi seputar film yang disutradarai oleh James Wan itu muncul di media sosial, termasuk meme atau gambar lucu seputar hantu dalam film tersebut.

Salah satu sisi menarik dari The Conjuring 2 adalah cerita dalam film itu diangkat dari pengalaman nyata pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren. Meski ada beberapa sentuhan fiksi, namun The Conjuring 2 tetap memertahankan beberapa kejadian nyata. Seperti dilansir dari Ibtimes.com, setidaknya ada sembilan fakta dibalik film The Conjuring 2.

1. Pengalaman mistis pertama Janet

Kisah horor yang dialami keluarga Hodgson bermula pada Agustus 1977 dalam rumah yang beralamat di 284 Green St. di Utara London. Pada saat itu, Janet yang berusia 11 tahun dan  Johnny, adiknya yang berusia 10 tahun mendengar suara dari kamar mereka, sebelum pada akhirnya melihat langsung laci bergeser sendiri melintasi ruangan.

Dalam wawancara dengan Telegraph, Janet menceritakan bahwa pengalaman melihat laci bergeser itu adalah awal dari pengalaman-pengalaman mistis lain.  Termasuk teror suara ketukan dari dalam dinding dan lantai yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat.

2. Saksi mata

Saksi mata kejadian-kejadian horor di rumah keluarga Hodgson bukan saja petugas kepolisian yang pernah melihat kursi bergerak sendiri.  Maurice Grosse, seorang peneliti hal-hal supranatural, juga menjadi saksi mata. Grosse merekam sejumlah kejadian mistis di rumah itu. Sebagian hasil rekaman itu dipublikasikan oleh BBC. Salah satu rekaman yang cukup mencengangkan adalah lampu yang menyala dan padam sendiri, juga sandal yang melayang dan mengenai Grosse.

Peggy dan Vic Nottingham, tetangga Hodgson juga menjadi saksi mata. Vic pernah terkena sebuah Lego yang terlempar dengan sendirinya. Selain itu, Vic pernah melihat pintu kamar mandi terbuka sendiri dan sikat pembersih bergerak sendiri di toilet.

3. Terlilit Gorden

Beberapa pihak meragukan peristiwa di rumah angker Hodgson. Salah satunya akademisi Anita Gregory. Dalam sebuah wawancara di tahun 1980, Janet mengaku merekayasa satu atau dua kejadian mistis di rumahnya untuk mengecoh Groose. Entah apa alasannya,

30 tahun kemudian, Janet kembali diwawancara oleh ITV. Dia mengatakan bahwa hal-hal mistis yang terjadi di rumahnya memang benar terjadi. Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu kejadian yang dikenangnya hingga saat ini adalah gorden di dekatnya yang terlepas sendiri dan melilit lehernya.

4. Mengapa Janet?

Dalam program dokumenter BBC, Margaret, saudara perempuan Janet, mengatakan bahwa suara Janet berubah ketika kerasukan. Seperti ditulis Telegraph, peristiwa kerasukan sering terjadi di penghujung masa anak-anak menuju dewasa. Diketahui bahwa Janet mengalami menstruasi pertama kali pada dua bulan setelah peristiwa mistis terjadi.

5. Sosok Bill Wilkins

Seperti dijelaskan dalam film, sosok hantu yang mengganggu Janet dan keluarga Hodgson adalah Bill Wilkins. Dia adalah penghuni rumah keluarga Hodgson di masa lalu. Wilkins meninggal di usia 70-an tahun. Dia meninggal di rumah itu. Dalam artikel yang ditulis The Daily Mail, sebuah rekaman suara asli saat Janet kerasukan Wilkins, Wilkins mengatakan soal kematiannya. "Sebelum saya mati, saya mengalami kebutaan. Kemudian terjadi pendarahan dan saya tertidur dan mati di kursi yang berada di pojok ruangan," kata Wilkins yang sedang merasuki Janet. Anak Wilkins, Terry Wilkins, lantas mengonfirmasi bahwa memang benar sang ayah meninggal dengan kronologi seperti itu.

Grosse juga memiliki rekaman percakapan spiritual dengan Wilkins. Dalam rekaman yang dimiliki Groose, alasan Wilkins mengganggu karena dia senang melihat keluarga Hodgson tersiksa. Dia tidak memiliki pesan khusus untuk keluarga Hodgson. Saat diminta untuk pergi dan tidak mengganggu keluarga Hodgson lagi, Wilkins menolak.

6. Suara-suara aneh

Dalam wawancara dengan BBC, Janet pernah dirasuki oleh sosok roh lain, bernama Stuart. Sosok Stuart disebut Janet sering mengganggunya lewat suara. Seperti dalam film The Conjuring 2, dalam kehidupan nyata Janet, suara-suara itu seperti dibisikkan dari belakang lehernya. Grosse pernah menguji Janet dengan menahan air di dalam mulutnya agar mulut Janet terus tertutup. Namun suara dari roh jahat tetap bisa keluar dari diri Janet.

Grosse berpihak pada Janet ketika banyak orang menilai apa yang dilakukan Janet adalah teknik ventriloquist (berbicara dengan mulut tertutup). Salah satu alasan Grosse adalah bahwa anak-anak tidak bisa melakukan teknil ventriloquist dalam waktu yang lama, sedangkan Janet dapat melakukannya saat kerasukan, bahkan sampai tiga jam.

7. Pasangan Warren

Pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren juga mendapat rekaman suara Janet saat kerasukan. Lorraine lantas merasa ingin membantu keluarga Hodgson.

8. Bukti Foto

Tidak hanya berupa rekaman video dan audio. Bukti foto asli dari peristiwa mistis keluarga Hodgson juga tersedia. Salah satu foto yang terkenal dipotret oleh fotografer Graham Morris. Dalam foto itu tampak Janet seperti terlempar oleh kekuatan yang tidak dapat dilihat.

9. Sungguh Terjadi

Grosse bersama Margaret dan Penny kembali ke rumah angker itu, 20 tahun berselang setelah teror-teror di era 1970-an. Janet enggan ikut dalam 'napak tilas' itu. Kepada jurnalis, Margaret mengatakan masih bisa merasakan ketakutan di rumah itu. Saat Penny diminta untuk mengalihkan rasa takutnya, dia mengatakan, "Jika Anda belum pernah mengalaminya, Anda bisa mengatakan itu. Tetapi itu semua benar-benar terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar